Friday, June 15, 2012

Iwan Fals

Iwan fals adalah sosok legenda hidup di indonesia,lirik-lirik lagunya yang kritis,membuat penyanyi yang benama lengkap Virgiawan Listanto ini di puja oleh para penggemarnya.Lewat lagu-lagunya Iwan menggambarkan suasana sosial di Indonesia,ketidak adilan para pemerintah dan penderitaan rakyat miskin di ungkapkan lewat lirik lagunya yang sring membuat Iwan di anggap sebagai musuh pemerintah,bahkan iwan pernah di tahan oleh kepolisian karena lirik lagunya.
Sejak tahun 1970 an hingga sekarang lagu-lagu Iwan tak pernah bosan di dengarkan,banyak pesan-pesan yang bermakna di dalam nya,kharisma seorang iwan sangat besar,bahkan para penggemar fanatik iwan mendirikan sebuah yayasan pada pada tanggal 16 agustus 1999 yang di sebut yayasan Orang Indonesia (OI).Oi adalah yayasan yang mewadahi aktifitas para penggemar fanatik Iwan,bahkan cabang Oi saat ini sudah tersebar di seluruh nusantara.
Perjalan Hidup Iwan
bakat musik iwan sudah ada sejak kecil,masa kecil iwan banyak di habiskan di bandung dan pada akhirnya ikut saudaranya ke jeddah Arabb Saudi,selama 8 bulan disana kemudian iwan kembali ke indonesia.Bakat musik iwan semakin terasah ketika ia berurmur 13 tahun,di bandung iwan banyak menghabiskan waktu nya dengan mengamen,iwan mengasah bakat main gitar nya yang sudah ada sejak muda dengan mengamen dan menciptakan beberapa lagu.Ketika di bangku SMP iwan mendapatkan kesempatan menjadi gitaris paduan suara di sekolah.
Sebelum sosok seorang legenda ini terkenal,banyak pengorbanan untuk menuju kesuksesan.Ketika itu ada ajakan dari seorang produser untuk rekaman,iwan menerima tawaran itu dan mencoba mengadu nasib ke jakarta,ia lalu menjual speda motor nya untuk membuat master.Iwan rekaman album pertama nya bersama rekan-rekan nya,Tato Gunarto,Helmi dan Bambang Bule yang tergabung dalam Amburadul.Namun album tersebut gagal di pasaran,dan iwan kembali ke propesi nya sebagai pengamen.
Dia menjalani propesi nya dengan tabah di jalanan,dan ahirnya iwan mengikuti festival musik country dan iwan juara di festival itu.Dari situ iwan terus mendalami bakat bermusik nya dan ia ikut festifal musik humor.Lagu-lagu humor iwan sempat di rekam bersama pepeng,Krisna,Nana Krip dan di produksi oleh ABC record.Tapi lagu-lagu humor iwan lagi-lagi gagal dan hanyadi koleksi oleh beberapa kalangan.
Sampai ahirnya,perjalan iwan bekerjasama dengan musica studio. Sebelum ke Musica iwan sudah merekam 4-5 Album.Di musica,lagu-lagu iwan di tangani dengan serius.Seperti Album Sarjana Muda musik di tangani oleh Willy Soemantri.
Meskipun iwan sudah bekerja sama dengan Musica Studio,iwan tetap menjalani propesi nya sebagai pengamen,ia mengamen dengan mendatangi rumah ke rumah,kadang di pasar kaget dan Blok M.
Setelah anak kedua iwan,Cikal lahir tahun 1985,kegiatan mengamen di hentikan.
Album Sarjana Muda ternyata banyak di minati,sejak itu iwan dapat banyak tawaran untuk bernyanyi.Kemudian setelah tahun 1987,untuk pertama kali nya iwan mengisi sebuah acara di televisi,lagu Oemar bakri di bawakan oleh iwan dalam acara Manasuka Siaran Niaga di TVRI.
Dan iwan banyak jadwal konser,namun selam Orde baru jadwal konser iwan di larang dan di batalkan oleh aparat pemerintah,karena lirik-liriknya yang kritis.
Iwan lahir di jakarta tgl 3 September 1961 dari pasangan Hryoso (ayah) (Almarhum) dan Lies (ibu).
Iwan menikahi Rossana 9Mbk yoss),dan mempunyai anak Galang Rambu Anarki (almarhum),Annisa Cikal Rambu Basae,dan Ryya Rambu Robbani.

No comments:

Post a Comment